RSS

Kampung Teknologi ???

Apa yang anda pikirkan jika mendengar kata kampung teknologi?,,
apakah kampung yang di lengkapi dengan gedung-gedung tinggi, ataukah kampung yang berisi robot pekerja.
ternyata ada sebuah kampung di Jepara, tepatnya kabupaten di wilayah pantura Jateng yang juga dikenal dengan sebutan Kota Ukir, kampung itu sekarang banyak di sebut-sebut orang karena adanya kampung teknologi.

Suwawal, tepatnya Suwawal Timur, Kecamatan Pakis Aji, adalah desa yang
diproyeksikan Pemerintah Kabupaten Pemkab Jepara sebagai kampung masa depan berbasis teknologi dengan nilai investasi Rp 247,9 miliar. Dengan menggandeng Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek), Pemkab hendak menjadikan kampung seluas 110 hektare itu sebagai pusat pemberdayaan masyarakat desa dalam bidang pertanian, industri pengolahan, pariwisata, dan pendidikan berbasis teknologi.

Jika sebelumnya warga kampung meminjam sapi jantan tetangga untuk membuat sapi betinanya hamil, dengan dikawinkan, kini, sejak teknologi peternakan dikembangkan di sana, kini mereka hanya perlu menyuntikkan cairan khusus (semen, mani beku-Red) ke sapi betina. Tanpa kawin, tak lama lagi sapi itu akan hamil.

Yang menjadikan gelisah adalah bagaimana kalau kampung teknologi itu tidak mampu bertahan lama? Belum adanya sekolah khusus berbasis teknologi pertanian dan peternakan di Jepara menjadi problem tersendiri terhadap eksistensi kampung teknologi. Warga kampung teknologi itu bisa jadi hanya akan ’’diperas’’ tenaganya oleh perusahaan yang membutuhkan hasil tanamannya.
sumber: kompas.com

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar